Daftar Wisata Alam

1.Pantai Semeti
Lokasi : Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : Rp.5000
Buka Tutup : 08.00 – 17.35

foto: Nandyto photography

Tidak salah jika pantai ini dijuluki pantai Krypton, karena batu-batu dan karang yang ada di sekelilingnya akan mengingatkan para wisatawan pada planet Krypton sebagaimana yang digambarkan dalam film-film Superman. Formasi bebatuan yang dimiliki Pantai Semeti, bentuknya berlapir-lapis dan meruncing. Ada juga formasi karang yang muncul dari permukaan air laut dengan bentuk menyerupai piramida. Keunikan formasi bebatuan inilah yang memberikan daya tarik khusus disamping pemandangan di sekeliling pantai yang memang sangat indah lewat deburan ombaknya yang besar. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Semeti secara menyeluruh, butuh sedikit kerja keras dan berhati-hati, karena jalan yang menuju ke pantai ini terjal dan berliku, serta melewati tebing karang dengan ketinggian 20 meter. Di balik tebing karang itulah, keindahan alam yang sempurna disuguhkan oleh Pantai Semeti.

2. Taman Wisata Alam Gunung Tunak
Lokasi : Desa merta, Kecamatan Pujut, Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : Rp.10.000
Buka Tutup : 07.00 – 17.00

foto: www.guidelombok.com

Taman Wisata Alam yang menempati area seluas 1.200 hektar ini, terbangun atas bukit-bukit yang berderet, yaitu Bukit Bungkulun, Bukit Takar-akar, Bekit Kelor, Bukit Batujangak, dan Bukit Pejanggik yang pada bagian barat – utara dibatasi Teluk Bumbang, sedang dibagian timur dibatasi Teluk Awang.Tebing-tebing curam yang ada di bukit-bukit tersebut membentuk lekuk-lekuk teluk yang terlihat sangat indah kala berpadu dengan hamparan pasir di pantai. Sementara pada bagian daratan, terbentang hijaunya hutan dan padang rumput yang luas.
Selain menyuguhkan keindahan alam, Taman Wisata Alam Gunung Tunak juga tempat yang mengasyikkan untuk melakukan berbagai macam aktifitas, seperti soft tracking bukit, jungle tracking, camping, taking picture,  fishing, swimming, serta pengamatan satwa. Sebab tempat ini merupakan habitat bagi sejumlah satwa liar, seperti Gosong kaki merah, Bondol, Rusa, Kera ekor panjang, Musang, Ayam Hutan merah dan hijau, Elang, Srigunting, Punglor merah, Tekukur, Udang biru dan merah, serta yang lain.

3. Pantai Batu Payung
Lokasi : jl.Kuta lombok, Kec. pujut, Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : Rp.5000 (Motor) – Rp.10.000 (Mobil)
Buka Tutup : 08.00 –

foto: inawisata.com

Meski dinamakan pantai, jangan berharap dapat menemukan hamparan pasir saat berkunjung ke Pantai Batu Puyung, karena pantai ini hanya dihiasi bebatuan dan karang-karang besar. Namun begitu, pemandangan alam yang disuguhkan akan membuat siapapun terpukau, sehingga tempat ini dijadikan sebagai salah satu primadona wisata lombok, dan pernah dijadikan objek pembuatan iklan salah satu produk rokok.

Disebut Pantai Batu Payung, karena di pantai ini terdapat salah satu fenomena alam yang unik, yaitu sebuah bukit karang yang bentuknya menyerupai payung. Jika air laut sedang surut, karang besar berbentuk payung tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri hamparan batu-batu karang selama kurang lebih 20 menit. Tapi jika air laut sedang pasang, untuk mencapai batu payung harus menyewa perahu dan berlayar menuju ke lokasi.

4. Pantai Selong Belanak
Lokasi : Desa Selong belanak, Kecamatan Praya Barat, Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : Rp.5000 – Rp.10.000
Buka Tutup : 07.00 –

foto: Richjal muhammad

Keindahan Pantai Selong Belanak sudah dapat dinikmati dari kejauhan lewat hamparan pasirnya yang seputih susu dan garis pantai yang menyerupai bulan sabit. Keindahan tersebut semakin sempurna dengan keberadaan bukit hijau di setiap ujung garis pantai.

Kawasan pantai yang memiliki tebing sepanjang 1000 meter lebih ini seperempat wilayahnya dihuni para nelayan. Sehingga jika wisatawan kebetulan berada dekat dengan kampung nelayan, mereka dapat menyewa perahu dari para nelayan untuk berlayar menikmati hempasan gelombang atau memancing ikan.  Tapi jika ingin melakukan aktifitas diving dan snorkeling, sebaiknya mencari tempat di sisi utara, karena di tempat ini air lautnya sangat jernih dan tenang.

5. Pantai Pengolong
Lokasi : Desa tumpak, Kecamatan pujut, Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : hari biasa Rp11.500 – hari libur Rp.13.000
Buka Tutup : 07.00 – 17.00

foto: hellolombokku.com

Meski merupakan kawasan pantai, sedikit sekali area berpasir yang dapat ditemui di Pantai Pengolong. Sebagai gantinya hamparan bebatuan dengan bukit dan batu karang raksasa bertebaran di sana-sini, sehingga jika dilihat dari kejauhan tampak seperti sekumpulan candi yang berdiri kokoh dan menjulang tinggi.

Hamparan bebatuan dan karang-karang raksasa yang menghiasi kawasan pantai, membuat pengunjung seolah dibawa ke negeri antah barantah pada zaman Megalitikum, begitu indah dan menakjubkan. Hanya saja, berfoto ria menjadi satu-satunya aktifitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Pengolong, sebab dengan ombaknya yang sangat besar, berbahaya sekali untuk dipakai berenang, menyelam, atau aktifitas di air lainnya.

6. Air terjun benang kelambu
Lokasi : Dusun pemotoh, desa aik bukaq, kecamatan batukliang utara Kab.Lombok Tengah
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Buka Tutup : 07.30 – 18.00

foto: lombokgaleria.com

Air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini berbeda dari air terjun pada umumnya, karena air yang jatuh dari ketinggian tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan menyusup terlebih dahulu ke cela-cela tanaman merambat yang menghiasi dinding-dinding tebing sehingga membentuk semacam tirai. Karena itu pula lukisan alam yang  unik dan sangat indah ini dinamakan Benang Kelambu Waterfall.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, kendaraan harus terlebih dahulu melewati jalan beraspal yang rusak dan berliku-liku melewati pedesaan dan hamparan sawah. Setelah tiba di tempat parkir, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menerobos kawasan perkebunan kopi dan Cokelat sambil menghirup segarnya udara pegunungan.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Air terjun Benang Kelambu memiliki khasiat mencegah penyakit apapun. Jadi barang siapa mandi di sini, maka akan terbebas dari berbagai macam penyakit serta awet muda. Terlepas benar tidaknya mitos tersebut, melihat segarnya air pegunungan yang jatuh dari atas ketinggian, siapapun bakal tertarik untuk berbasah kuyup, mandi dibawah guyuran Air terjun Benang Kelambu.

7. Air terjun benang stokel
Lokasi : Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Buka Tutup : 07.30 – 18.00

foto: journeyera.com

Air terjun benang stokel dan benang kelambu merupakan wisata alam dan air terjun,yang terletak ujung utara kabupaten lombok tengah,dibawah kaki gn.rinjani. dari airport bisa di tempuh dalam waktu 60 menit dengan mobil dan 30 menit dengan sepeda motor.

8. Aik bukaq (Wahana pemandian alam)
Lokasi : Jalan Pariwisata Aik Bukak Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, Aik Bukaq, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : Rp.1.000 – Rp.3.000
Buka Tutup : 07.30 – 18.00

foto: sasambonews.com

Pemandian Aik Bukak dibangun sejak tahun 1970. Beberapa publikasi yang lain mengatakan bahwa pemandian ini dibangun pertama kali oleh orang Belanda yang menduduki pulau Lombok pada ratusan tahun silam. Sejak awal pendiriannya kolam pemandian ini didesain dengan menggabungkan banyak unsur alam. Kolamnya dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang asri. Jika Anda ingin menikmati kesegaran air kolamnya, Aik Bukak berada di Desa Aik Bukak, Kecamatan Batukliang. Dari kota Praya jaraknya sekitar 20 km. Aik Bukak dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sekitar 1,5 jam dari Senggigi atau 1 jam dari Mataram.

9. Pantai Kuta Lombok
Lokasi : Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : -,
Buka Tutup : -,

foto: oketrans.co.id
foto: patrick lim

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Nah pada saat sekarang, bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian. Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.

Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 Menit perjalanan. Disarankan agar Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Karena angkutan umum sangat jarang dan relatif mahal. Serta hanya beroperasi sampai jam 3 sore.

10. Pantai seger
Lokasi : Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : Rp.5000 – Rp.10.000
Buka Tutup : 07.30 – 18.00

foto: ervandah.wordpress.com
foto : viarjelajahindonesia

Pantai Seger yang berada di Lombok Tengah ini asalah salah satu dari sekian pantai yang indah yang ada di Lombok Nusa Tenggara Barat. Dipantai Seger kita bisa menyaksikan bagimana putihnya pasir dan dipadu padankan dengan bukit2 kecil disekitarnya membuat pantai ini terlihat sangat indah dipandang. Pantai yang lokasinya tak jauh dari pantai kuta lombok ini sering dijadikan sebagai lokasi ritual adat masyarakat Lombok. Ritual sakrral ini bernama “Bau Nyale” yakni Ritual berburu Cacing Laut. Nyale yang merupakan cacing laut ini akan muncul sekitaran bulan Februari sampai Maret. Dibulan inilah masyarakat Lombok akan mengadakan pemburuan cacing laut. Sebenarnya ritual ini dimaksudkan untuk menghormati Putri Mandalika salah satu legenda paling terkenal dipulau Lombok. Bahkan dipantai ini berdiri tegak monumen Putri Mandalika yang merupakan icon pantai seger Lombok.

11. Pantai Awang
Lokasi : Pantai Awang, Pujut, Lombok Tengah, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, NTB 
Harga Tiket Masuk : -,
Buka Tutup :

foto: pedomanwisata.com

Terletak di bagian timur Pantai Mandalika, Pantai Awang menjadi alternatif liburan yang tak terlupakan. Bagi yang berasal dari Kota Mataram, Anda bisa langsung menuju ke Kecamatan Pujut yang memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jaraknya 70 km dan wisatawan bisa memilih rute melalui Kecamatan Praya. Begitu sampai di Pujut, diperlukan perjalanan lain untuk sampai di Desa Awang

Orang memiliki pendapat yang berbeda ketika harus menghabiskan liburan di Pulau Lombok di Indonesia. Beberapa dari mereka memutuskan untuk menikmati budaya sementara yang lain ingin menjelajahi semua pantai yang ada di pulau yang indah seperti itu. Dalam hal ini, Pantai Awang harus masuk dalam daftar tujuan seperti itu karena tempat yang bagus untuk memancing. Seperti namanya, pantai ini terletak di Desa Awang dan merupakan milik Kecamatan Pujut. Belum lagi hotel berada di dekat Pantai Mandalika yang terkenal, yaitu sekitar 15 km.Sebuah fitur membuat Awang berbeda dengan pantai lainnya di Pulau Lombok, yaitu adanya dermaga dan proyek PPN (Nation’s Fishery Port). Bukit terdekat juga terlihat dimana wisatawan sering menggunakan wisata dan eksplorasi. Dari atas bukit, pandangan terlihat lebih baik dan lebih menarik. Fakta lain yang membuat Awang unik adalah kehadiran ikan melimpah di laut. Ini menjelaskan mengapa banyak orang datang ke pantai untuk memancing, meski mereka perlu membawa peralatan sendiri.

12. Pantai tanjung aan
Lokasi : jl.Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : Rp.5000 – Rp.10.000
Buka Tutup : 07.30 – 18.00

foto: caderabdul.wordpress.com
foto: villasforrentguide.com
Foto: marlionllc.com

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu Pantai indah yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang unik, bahkan tekstur hamparan pasir yang ada di pulau Lombok ini sama seperti butiran Merica. Jika anda menulusuri Pantai ini dengan berjalan kaki, cobalah untuk melepas alas kaki anda dan merasakan seperti sedang menginjak butiran merica. Walaupun pasir Pantai Tanjung Aan bertekstur seperti butiran merica, namun terbilang sebagai pasir yang halus. Konon katanya pasir putih yang bertekstur seperti butiran merica tersebut adalah fosil-fosil karang. Jika menyentuh kaki kita akan terasa seperti dipijak oleh pasir dan menyetuh saraf-saraf yang terdapat di balik telapak kaki dan tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Pantai Tanjung Aan berlokasi di desa Lombok, Pujut, kabupaten Lombok tengah. Atau lebih tepatnya hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Pantai Kuta Lombok. Untuk mencapai ke lokasi Pantai Tanjung Aan ini, anda akan menempuh jarak kurang lebih 24 Km dari badara internasional Lombok dan 62 Km jika anda mulai dari kota Mataram.Kondisi jalan untuk menuju ke Pantai Tanjung Aan ini terbilang sangat baik sehingga para wisatawan tidak perlu cemas akan kondisi jalan menuju ke lokasi wisata Pantai Tanjung Aan ini. Jika anda ingin menuju ke Pantai ini dari kota Mataram anda bisa melewati jalur bandara Internasional Lombok dan menuju ke Kuta Lombok.

13. Bukit merese
Lokasi : jl.Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk : Rp.5000 – Rp.10.000
Buka Tutup : 24 jam

foto: @kembaraindonesia
foto: thelangkahtravel.com
foto: APW tour

Kawasan wisata Merese Hill ini memang berada di garis pesisir pantai yang terletak di Mandalika, Lombok Tengah. Dan dari atas area hijau tersebut para wisatawan bisa melihat keindahan Tanjung Aan dan juga Batu Payung. Kedua tempat wisata yang memiliki pesona dan juga keindahan tersendiri. Kawasan wisata  ini letaknya berada di area selatan dari daerah Pujut yang berada di kawasan Lombok Tengah. Lokasi ini sendiri memiliki akses yang sama ke arah Pantai Tanjung Aan yang sangat indah. Jika para wisatawan mengunjungi Tanjung Aan, maka harus membayar harga tiket masuk ke Bukit Merese ini. Akan tetapi jika langsung menuju ke kawasan ini tanpa melewati Tanjung Aan, para turis bisa mengunjunginya gratis.

Jalur atau lokasi ke arah Merese ini sudah sangat mudah untuk diakses baik itu menggunakan mobil atau sepeda motor. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja untuk menuju ke Merese ini dari ibu kota Lombok yaitu Mataram. Sementara dibutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari arah bandara. Di sepanjang perjalanan menuju ke Bukit Merese ini para wisatawan bisa melihat pemandangan dan panorama kawasan hijau terbuka yang ada di sekitar bukit tersebut. Para turis bisa melihat aneka hewan ternak, perkebunan dan juga rumah tradisional yang memenuhi sepanjang jalan tersebut. Cukup menarik tentunya.

Di sini para pengunjung bisa melihat pesona dari pantai yang ada di sekitar Lombok yaitu Tanjung Aan dan juga Gili Anak Anjakan. Masih ada pula Batu Payung dan juga Pantai Seger. Pemandangan yang sangat mengagumkan. Daya tarik dari obyek wisata lainnya yang bisa ditemukan di sini adalah adanya kawanan kerbau, sapi, dan juga kambing. Para petani biasanya akan membawa ternak mereka di sekitar padang rumput di sekitar area tersebut. Salah satu hal yang menjadi incaran para wisatawan ketika mengunjungi lokasi ini adalah dengan melihat dan menyaksikan pemandangan dan juga panorama matahari terbit atau sunrise di sini. Selain itu keindahan sunset atau di kala matahari terbenam juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »