Festival Lebaran Ketupat (Syawal solah, sholeh, soloh) Akan Menjadi Agenda Rutin

oto: www.lomboktengahkab.go.id

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan perayaan Lebaran Ketupat di Pantai Kuta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (12/6). Kegiatan yang dikemas dengan nama Festival Syawal Sholah, Sholeh, Soloh itu di buka dengan beberapa ritual kemudian iring-iringan Ketupat Agung dan dilanjutkan dengan acara membaca sholawat dan sahadat tobat. Bahkan, kedepannya Festival Syawal Sholah, Sholeh, Soloh akan menjadi event tahunan untuk mendukung pengembangan pariwisata di KEK Mandalika Resort.Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT mengatakan, pihaknya melaksanakan perayaan lebaran ketupat ini tetap setiap tahunnya. Namun, untuk mendukung perkembangan pariwisata kedepanya, lebaran ketupat ini akan dikenal dengan Festival Syawal Sholah, Sholeh, Soloh.

Dimana festival ini bertujuan untuk menjalankan sunah rosul yaitu menigkatkan ukhuwah islamiyah dengan bersilaturahim sekaligus dapat berwisata di Pantai Kuta setelah selama sebulan penuh berpuasa dan mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung.

“Kegiatan ini untuk menigkatkan ukhuah islamiyah antar Pemerintah dan masyarkat dan mendukung perkembangan pariwisata di Lombok Tengah,” jelasnya.

foto: www.lomboktengahkab.go.id

Ia menegaskan, festival Syawal, Sholah, Sholeh, Soloh ini kedepanya harus dilaksanakan lebih meriah dan bentuk pengemasannya harus lebih berbeda dari tahun sekarang. Sebab, bila festival Syawal, Sholah, Sholeh, Soloh berdampak terhadap kujungan wisatawan, tidak menutup kemungkinan kedepanya festival ini bisa diakomodir menjadi event nasional sebagaimana event-event lainya yang telah lebih dulu exis dan kini menjadi event Nasional.

“Bilaperlu kami harapkan festival syawalan ini nanti bisa menjadi event Nasional seperti Festival Bau Nyale kita,” ujarnya.

Apalagi, melihat segala pembangunan pariwisata termasuk adanya pembangunan sirkuit motoGP di Lombok Tengah, pihaknya sangat berharap pada semua element terutama masyarakat untuk bersama –sama mendukung pembangunan atau program pemerintah dalam menata dan mengelola kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang di kelola oleh ITDC sebagai pusat wisata di Provinsi NTB.

“Saya percaya bahwa dengan pembangunan yang dilakukan di Loteng ini akan berdampak besar untuk masyarakat kita. Terutama untuk peningkatan ekonomi. Untuk diketahui Mandalika ini milik NTB. Tapi masyarakat Lombok Tengah yang paling utama lebih menerima manfaatnya,” ucapnya.

Ia menegaskan, informasinya bukan hanya pembangunan sirkuit motoGP saja yang akan dilakukan, namun sekaligus rencananya untuk sirkuit F1. Belum lagi, pembangunan bebarapa fisik jalan tol maupun fisik jalan lainnya.

“Akan bannyak program yang akan diberikan Pemerintah pusat ke Lombok Tengah. Semua ini demi kemajuan Lombok Tengah khususnya NTB. Bahkan dengan segala pembangunan ini tentu Lombok Tengah akan menjadi muka Indonesia kedepanya,” pungkasnya. (Adv/Ade)

Sumber: https://lomboktengahkab.go.id/2019/06/13/perayaan-festival-syawal-sholah-sholeh-soloh-di-kuta-mandalika/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »