Guide Book: Berugak Edukasi Kain Tenun Sukarara

foto: Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Mataram

Mahasiswa Universitas Mataram yang tergabung dalam Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Berdasi Katun (Berugak Edukasi Kain Tenun) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan tema Upaya Meningkatkan Potensi Desa Wisata Sukarara pada tanggal 24 Juni 2019 lalu.

Kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan bagi masyarakat di Desa Sukarara. Kegiatan diawali dengan penyusunan guide book Berdasi Katun, sebuah panduan bagi pelaku wisata di Desa Sukarara untuk mengenalkan pengetahuan tentang Tenun khas Sukarara pada wisatawan. Berikutnya, cara penggunaan guide book itu disosialisasikan kepada pegiat wisata Desa Sukarara yaitu pemilik artshop, pokdarwis, kelompok pemuda desa dan masyarakat setempat. Program ini dilengkapi Pula Pembuatan video promosi berupa fashion show Kain Tenun Sukarara secara digital.

foto: Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Mataram

Isnan Nursalim Selaku Ketua Kelompok menyampaikan bahwa maksud dari adanya Sosialisasi tersebut untuk launching guide book Potensi Desa Wisata Sukarara sebagai media promosi yang dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk memudahkan wisatawan mengetahui sejarah, filosofi dari kain tenun dan potensi yang dimiliki dari Desa Wisata Sukarara. Proses pembuatan Guide Book ini juga didasarkan atas kerjasama tim PKM M berdasi katun dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah.

Program yang didanai oleh Kemenristekdikti dirjen simbelmawa ini merupakan kompetisi nasional yang didapatkan oleh Tim PKM M untuk merealisasikan ide dalam memberikan kontribusi pengabdian kepada masyarakat. Tergabung dalam Tim tersebut Isnan Nursalim sebagai ketua, dan anggota Azizah, L. Chairil Akbar, Herna Muliana, Alfian Romli dibawah Bimbingan Oryza Pneumatica Inderasari, S.Sos, M.Sosio selaku pengajar Program Studi Sosiologi Unram.

foto: Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Mataram

Pada kesempatan sosialisasi, Ketua Pokdarwis Desa Sukarara Masnun mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi dan menyambut baik inovasi yang dibuat oleh tim PKM M Berdasi Katun Universitas Mataram yang memiliki kepedulian untuk meningkatkan potensi Desa Wisata di Desa Sukarara ini, melalui pembuatan guide book dan promosi digital kain tenun Desa Sukarara. Ia juga menyebutkan bahwa hal ini menjadi pemicu bagi masyarakat untuk terus menggencarkan promosi parawisata di daerahnya dan ia juga sangat optimis dengan adanya guide book ini mampu meningkatkan daya tarik dan mempermudah para wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Desa Wisata Sukarara. Wisatawan akan mendapatkan nilai tambah itu, selain merasakan sensasi menenun secara langsung dengan alat tradisional yang terdapat di Desa Sukarara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »